D
D
D
D
s
s
s
Bagaimanakah penanganan Kandung Kemih yang Hiperaktif  atau Overactive Bladder (OAB) ?

Pada saat Anda bertemu dengan Dokter Anda, Anda dapat mengkonsultasikan keluhan yang Anda derita. Dan ada beberapa penanganan OAB yang tersedia. Pada penelitian terbaru memperlihatkan bahwa kombinasi terapi, berupa terapi perilaku dan terapi medis menurunkan 85% gejala ngompol yang tak dapat ditahan (terapi perilaku sendiri menurunkan 57% sementara dengan obat-obatan menurunkan 72%)

Ceritakanlah pada Dokter anda mengenai obat-obatan yang Anda konsumsi, termasuk yang diberikan oleh Dokter anda lainnya  dan obat-obatan bebas (obat pilek), suplemen, vitamin, dan jamu. Beberapa obat, termasuk diuretik, obat penurun tekanan darah dan beberapa hal lainnya yang dapat menyebabkan dan memberikan kontribusi terhadap gejala OAB dan ’mengompol’.
 

 
Begitupun dengan makanan, Anda mungkin sensitif terhadap beberapa makanan dan minuman. Dokter Anda mungkin menyarankan untuk mengurangi konsumsi kafein, coklat, alkohol, teh, minuman berkarbonasi, buah yang asam, dan lainnya.

Hal lainnya yang mendasari dan memberikan kontribusi terhadap masalah kandung kemih Anda, seperti infeksi, masalah prostat, dan kekurangan estrogen pada wanita. Dokter Anda akan berusaha menyingkirkan hal ini dalam daftar diagnosa pada Anda dalam menangani OAB. Sebagai tambahan bila Anda mengalami kekegemukan maka Anda harus menurunkannya. Penambahan berat badan dapat menyebabkan tekanan pada kandung kemih, dan menyebabkan ’mengompol’. Jika Anda perokok, maka Anda harus berusaha untuk berhenti karena nikotin dapat mengiritasi kandung kemih dan batukpun dapat berdampak terhadap pada mengompol yang ditimbulkan oleh tekanan. Serta pastikan kebiasaan BAB anda terjadwal.

Penanganan OAB antara lain adalah terapi perilaku, berupa latihan kandung kemih, dimana tujuan latihan ini adalah melatih kandung kemih Anda agar anda hanya berkemih setiap 3-4 jam. Terapi yang lain adalah latihan otot dasar panggul, latian ini berupa pengencangan otot dasar panggul Anda yang berada diantara kedua kaki. Otot ini menompang organ yang ada di panggul termasuk kandung kemih dan dapat mengontrol berkemih Anda. Latihan ini juga dikenal sebagi latihan kegel.
 

Penanganan OAB lainnya berupa terapi obat-obatan. Yang biasa dipakai untuk penanganan OAB adalah obat antikolinergik/antimuskarinik yang juga dikenal dapat merelaksasikan kandung kemih. Obat ini bekerja dengan membloking sinyal dari sistem saraf yang memerintahkan kandung kemih untuk berkontraksi. Dan hasilnya adalah kandung kemih Anda berkotraksi tidak terlalu sering sehingga mampu untuk menampung urin sebagaimana normalnya, dan gejala berkemih sering, tergesa-gesa untuk berkemih dan ngompolpun akan berkurang. Sekitar 50-80% penderita yang mendapatkan obat ini gejala OAB berkurang. Dan jika Anda mengalami perbaikan gejalanya maka Anda biasanya akan membutuhkan obat ini untuk waktu yang lama.
 

 

Obat ini membutuhkan waktu sekitar dua sampai empat minggu untuk menunjukan hasil yang maksimal. Minumlah obatnya sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter. Jangan bolos minum obat walaupun hanya satu hari hanya karena Anda merasa lebih baik atau meningkatkan dosisnya hanya karena Anda mengira obat ini bekerja lambat.

Sedangkan prosedur lain yang digunakan adalah operasi pada pasien dengan gejala yang berat dan tidak dapat merespon pengobatan lainnya.

Konsultasikan segera keluhan yang Anda derita dengan Dokter Anda, OAB bukanlah hal yang normal tetapi merupakan  gangguan kesehatan yang dapat diobati.

DAFTAR PUSTAKA

   
© Copyright 2008 - design and Hosting@faberhost.com